Senin, 18 Mei 2015

Surat Menjelang Ultah Ubii Yang Ke-3


Dear Ubii,

Besok Ubii akan genap berusia 3 tahun. Nggak kerasa yah. Rasanya baru kemarin Ubii berulangtahun ke 1 dan ke 2. Ubii masih ingat cerita ulangtahun Ubii yang pertama dan kedua?


Banyak sekali yang ingin Mami ceritakan. First of all, Mommy wants to say sorry karena sudah nggak rutin mengisi blog Ubii ini lagi karena beberapa hal. Tapi, Mami sudah bayar hutang-hutang cerita Mami lho. Di tiap cerita bayar hutang, Mami sertakan juga tanggal aslinya dengan melihat tanggal di foto-foto, supaya kelak Ubii bisa mengira-ngira kapan momen itu terjadi. Besok Ubii jangan kayak Mami ya. Suka menunda pekerjaan. Setelah menumpuk, jadi repot sendiri kan. Dan, ingat, kalau sudah janji sebisa mungkin harus ditepati ya.

Dear Ubii,

Apakah Ubii tau kalau Ubii akan jadi Kakak? Ya, Ubii akan punya adik di bulan September nanti. Mami menyebut calon adik Ubii ini dengan panggilan Utun. Bagaimana perasaan Ubii? Perasaan Mami pada awalnya - campur aduk. Mami merasa bersalah pada Ubii. Ubii masih banyak PR ketinggalan yang perlu dikejar, Ubii belum bisa mandiri, tapi Mami harus membagi perhatian pada yang lain. Mami takut, terapi-terapi rutin Ubii jadi agak terbengkalai kalau ada Utun. Mami takut, Mami bakal kecapekan mengurus Ubii dan Utun. Mami takut, Utun nanti nggak mendapat yang terbaik dari Mami karena tabungan Mami sebagian besar masih diperuntukkan untuk upaya perbaikan tumbuh kembang Ubii. Mami takut, Mami nggak punya waktu untuk diri Mami sendiri. Mami takut, Mami nggak punya waktu santai sama Papi lagi untuk berdiskusi, ngobrol santai, atau sekedar nonton serial di laptop sambil makan keripik pedas dan es Nutrisari rasa jeruk.

Baca: Hamil Dengan Riwayat TORCH

Suatu hari di bulan Februari 2015, Mami pendarahan dan hampir saja kehilangan Utun. Puji syukur, Utun masih bertahan. Ternyata, Mami punya anak-anak yang kuat. Utun juga nggak kalah kuatnya dari Ubii lho! Di saat itu lah Mami sadar bahwa Mami harus move on dan stop galau. Kasihan Utun kalau Mami terus sedih dan takut. Mami mulai mendapat bayangan-bayangan menyenangkan. Utun akan sehat. Ubii akan menjahili Utun. Ubii dan Utun akan terbangun malam-malam dan menangis bersama. Mami menyusui Utun dan Papi yang menggendong Ubii. Kasur kita akan sempit. Utun akan belajar tengkurap ditemani Ubii. Ubii akan belajar berjalan bersama Utun. Utun akan cerewet sehingga akan membantu perkembangan Ubii dalam mendengar dan menyadari suara. Ubii dan Utun akan belajar bersama. Mandi bersama. Makan bersama. Dan kita akan ke toko mainan dekat rumah bersama-sama bergandengan bertiga. Ubii di tangan kiri dan Utun di tangan kanan Mami, atau sebaliknya. Oh ya, kata dokter, Utun itu perempuan. Jadi, nanti Ubii dan Utun bisa pakai baju yang mirip atau kembar. Ah, lucunya... ^____^

Tapi, ternyata Ubii seperti merasakan kalau ada Utun di perut Mami. Ubii jadi manja sekali. Tiap malam sebelum tidur setelah lampu dimatikan, Ubii selalu tiduran di badan Mami. Dulu Ubii nggak begitu. Ubii jadi suka meletakkan kepala Ubii di perut Mami. Sering sekali Ubii menjatuhkan kepala Ubii ke perut Mami secara tiba-tiba, jadi Mami kesakitan. Utun kan kasihan juga jadi kaget. Kenapa Ubii begitu? Dikurangi ya. Apa Ubii nggak kasihan Mami dan Utun? Ubii juga jadi suka minta digendong ala bayi. Padahal sebelumnya Ubii sudah bisa tidur sendiri dengan dipukpuk saja atau sambil minum susu. Mami sudah mulai kepayahan nih. Papi juga. Ayo dikurangi ya minta gendong ala bayinya. Ubii sudah berat lho sekarang. Bagi-bagi ruang buat Utun juga ya, Kakak.

Baca: Ubii, Calon Kakak Yang Sedang Manja


Dear Ubii,

Belakangan ini frekuensi terapi Ubii meningkat. Sadar nggak? Mami berharap dengan ini, perkembangan Ubii semakin baik. Dan memang, ternyata Tuhan mengabulkan. Belakangan ini, kemajuan-kemajuan kecil mulai makin sering terlihat. Mami bahagia sekali.

Mungkin Ubii capek dan kadang bosan ya. Ubii nggak sendirian. Kadang-kadang Mami juga jenuh harus antar-antar Ubii terapi terus. Tapi kita harus semangat ya. Mami punya alasan mengapa Mami mempersering frekuensi terapi Ubii. Sebentar lagi kita sekeluarga akan stay di Jakarta karena Ubii akan menjalani operasi implan koklea alias cochlear implants.

Baca: Ujian Bernama Implan Koklea

Kita sudah punya wacana untuk ini sejak Januari lalu -waktu Mami menuliskan blogpost di atas- tapi proses yang harus kita jalani bukan proses yang singkat. Banyak persiapan yang harus kita lakukan. Mami nggak akan ceritakan di sini. Mami akan ceritakan di postingan lain saja apa-apa saja yang perlu kita siapkan. Tapi, singkat cerita, puji syukur, kalau Tuhan mengizinkan bulan depan Ubii akan menjalani operasi.


Dear Ubii,

Tahun lalu, ulang tahun kedua Ubii nggak dirayakan. Karena Ubii dapat 'kado' dari Prof. Sunartini berupa surat rujukan untuk opname guna mendapat terapi Gancyclovir untuk CMV yang ada di tubuh Ubii. Tahun lalu, Gancyclovir menjadi kado ulang tahun Ubii.

Baca: Yuk Belajar CMV: Sifat, Penularan, & Pencegahan


Tahun ini, ulang tahun ketiga Ubii juga nggak usah dirayakan ya. Mami nggak sempat dan memang sedang mau ngirit. Tahun ini, sepasang bionic ears akan menjadi kado ulang tahunmu berkat kemurahan hati Eyang-Eyang Ubii. Tahun ini, kesempatan mendengar yang lebih besar akan jadi kado ulang tahun Ubii -yang Mami harap akan Ubii ingat selamanya-.



Sumber video dari sini.

Tahun depan, Mami nggak mau tau. Gantian Ubii yang harus kasih Mami kado. Gantian Ubii yang harus kasih sesuatu untuk Mami. Apakah itu Ubii bisa merangkak, berdiri, atau bahkan berjalan. Tahun depan, Mami juga minta satu kado lain dari Ubii. Panggil Mami. Boleh dengan panggilan Mami atau Mama.

Tahun depan, harus Ubii yang kasih Mami kado. Titik.


Dear Ubii,

Berhubung nggak ada perayaan, syukuran ulang tahun Ubii yang ke-3 berupa Giveaway saja ya. Mami sudah siapkan tema giveaway nya. Puji Tuhan, banyak juga teman-teman Mami yang berkenan ikut menyumbang hadiahnya. Semoga giveaway ulang tahun Ubii yang ke-3 banyak yang ikut ya. Jadi Ubii bakal banyak dapat kado dari giveaway nya.


Tapi publish nya nunggu semua hadiah sampai di rumah kita ya, Ubii karena ada beberapa hadiah yang masih dalam perjalanan. Hehehe.


***

Ini hutang-hutang Mami:

Ubii Kangen Mami Banget, Ya?
Ubii dan Sofa Hello Kitty
Ubii 100 Watt Jam 2 Pagi
Ubii Selfie Sama Mami (1)
Ubii, Mami, dan Papi Foto-Foto di Pesawat
ELC Bendy Bird High Chair Toy Saved The Days!
Ubii dan Jumpsuit Hello Kitty
Ubii Main Boneka Hello Kitty
Fisioterapi Latihan Duduk
Ubii Main Ke Pantai Indrayanti
Ubii Ketiduran di Baby Chair
To Me, You Are Perfect
Ubii di Kardus
Ubii Copycat Mami
Ubii Kejedot Kursi dan Mewek Manja
Bando Natal Ubii Yang Nggak Bertahan Lama
Mothercare Madrid Car Seat Pink Gonjreng
Ubii Melongo Geje
ELC Waterpillar Teman Main Air
Ubii Sudah Bisa Ngesot Sampai Ke Pintu
Ubii Bisa Dikuncir
Gendhis, Sahabat Ubii
Tes ASSR (Tes Pendengaran) Ke-3 Ubii
Petualangan Ubii Ke Meja Makan
Ubii Nyemplung Ke Keranjang Baju
Kaos PumpKidz Kece untuk Ubii
Poni Ubii Kependekan
Ubii Si Poni Super
Ubii Ngesot Sampai Ke Pintu Depan
Masih Tentang Poni Baru
Sleepsuit Sekali Pakai :(
Gadis Kecil Mami
Ubii Main Kardus - Stimulasi Sederhana
Ubii Si Cemong - Main Finger Paint
Okupasi Terapi Perdana Ubii
Ubii dan Kuncir Air Mancur
Ubii Pakai Bando Mami Dini Hari
Ubii, Calon Kakak Yang Sedang Manja
Ubii Mulai Fisio di Griya Fisio Bunda Novy
Latihan Sensori - Main Beras di Kamar Bermain
Dokumentasi Standing Ubii di Akhir April
Latihan Sensori - 28 April 2015
Ketiduran Perdana Saat Fisioterapi
Perkembangan Kognisi Ubii - 30 April 2015
Arloji Pertama Ubii: Hello Kitty!
Ubii Berenang Sama Mami dan Papi
Fisioterapi & Okupasi Terapi - 7 Mei 2015
Perkembangan Motorik - 7 Mei 2015
Perkembangan Motorik - 8 Mei 2015
Matras dan Rolling Untuk Latihan Ubii di Rumah


For you, Ubii, a thousand times over,



Love,





14 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. Selamat menjelang 3rd Birthday ya UBI... sehat trs yaa... salam kenal buat Mak Grace :)

    BalasHapus
  3. menjelang 3 tahun, semoga ubii dapat banyak kemajuannya ya..

    BalasHapus
  4. Happy B'day, Ubii Cantik. Makin pinter dan sehat terus yaa *kisskiss

    BalasHapus
  5. Asyiiik banyak bgt cerita ubii nya …. 🙌

    BalasHapus
  6. Udah hampir 3 tahun ya Ubii, moga selalu sehat dan jadi anak manis buat Mami gesi ya <3

    BalasHapus
  7. amiin, semoga Ubii bisa beri mami kado indah yaa :)

    BalasHapus
  8. Ubii udah gede tambah pinter, sehat terus ya sayang. Pasti habis ini Ubii bakal kasih mami kado juga, iya kaan

    BalasHapus
  9. amin, semoga selalu sehat ya sayang, Maminya hebat deh

    BalasHapus
  10. Met ultah ubii....sehat selalu yaaa..:-)

    BalasHapus
  11. Met ultah ubii sayang, sehat selalu yaaa muaaach

    BalasHapus
  12. Met ultah Ubiii....
    Semoga terus sehat yaaa....
    :-)

    BalasHapus
  13. Selalu terharu baca kemajuam ubii, cayo ubii you can do it

    BalasHapus