Jumat, 25 April 2014

Strawberry Cake untuk Ubii

Dear Ubii,

Belakangan ini Mami cukup kerap menitipkan Ubii di rumah Eyang bersama Papi. Akhir Maret dan awal April untuk seminar pertama Rumah Ramah Rubella dan silaturahmi #SharingIsCaring Rumah Ramah Rubella di Bekasi juga untuk seminar yang diadakan oleh Kasoem di Jakarta. Beberapa hari yang lalu, Mami menitipkan Ubii lagi di rumah Eyang karena Mami mengikuti seleksi wawancara sebagai Finalis Kartini Next Generation 2014. Mami harap Ubii bisa mengerti. Ubii kangen nggak sama Mami? Kalau Mami sih....jangan ditanya. Kangen berat. Mami kangen bau mulut dan bau rambut Ubii. Hehehehe. Ubii, Mami yakin Ubii nggak berpikiran kalau Mami lebih mementingkan hal lain daripada Ubii. Mami yakin Ubii bisa memahami bahwa ini mimpi Mami, ini hal yang Mami sukai, dan perjuangkan. Yes, Ubii. Manusia (buat Mami) wajib memperjuangkan mimpinya. Walau itu berarti harus mengorbankan sedikit waktu yang biasanya dipakai untuk berkumpul di rumah. Toh, Mami tetap selalu ada buat Ubii. Ubii selalu di hati Mami. Kewajiban untuk memperjuangkan mimpi ini juga berlaku buat Ubii, ya. Tolong, ingat itu baik-baik.

Dear Ubii,

Kebetulan saat silaturahmi #SharingIsCaring Rumah Ramah Rubella di Bekasi, Mami mencicipi makanan buatan Tante Tary. Tante Tary itu Mama Kevin dan Catherine. Tante Tary ini memang selalu memasak sendiri makanan untuk anak-anaknya. Yang Mami cicipi saat itu adalah makanan manis. Langsung saja Mami minta dicatatkan resepnya. Ternyata nggak susah-susah amat. Jadi, Mami bikinkan untuk Ubii ya. Pura-puranya ini oleh-oleh selama Mami menitipkan Ubii di rumah Eyang. :))

Makanan ini sangat cucok sekali buat ibu-ibu seperti Mami yang nggak pandai masak, nggak punya oven, dan nggak punya dandang/panci pengukus. Coba tolong Ubii bilang dong sama Papi supaya belikan dandang pengukus supaya acara masak-memasak Mami jadi lebih beradab. Hehehe. Ubii mau tau Mami bikinkan apa untuk Ubii? Mau dong yaaaaa.

Mommy made this for you:

Strawberry Cake

Dear Ubii,

Jangan membayangkan cake cethar membahana seperti yang ada di toko roti atau di film ya dari nama makanan ini. Ini Mami namakan sendiri sih. Hehehehe. Sebenernya Tante Tary juga nggak menamai cake resepnya ini. Mami aja yang terlalu nganggur jadi sok-sokan cari nama. Caranya gampang banget. Besok kalau Ubii sudah besar sedikit, bisa berjalan, bisa memegang dan menggenggam, serta memahami perintah, Ubii ikutan bikin yuk sama Mami. Kita masak-masakan. Mau? :)

Mami ceritakan ya bahan, alat, dan cara bikin Strawberry Cake resep dari Tante Tary ini. Simak baik-baik sambil peluk Mami!

Bahan:
  1. 7 lembar roti tawar tanpa pinggiran. Mami pakai roti tawar Sariroti yang memang sudah tanpa pinggiran.
  2. Susu UHT. Mami pilih susu UHT rasa strawberry (makanya namanya jadi Strawberry Cake). Boleh juga rasa cokelat, melon, dan lain-lain.
  3. 1 butir telur. Kebetulan Mami lagi punya telur yang mengandung Omega. Jadi bisa lebih menyehatkan deh snack untuk Ubii ini.
  4. 1 sdm madu. Jadi rasa manisnya cukup dari madu dan susu saja. Nggak perlu lagi pakai gula. Lebih sehat kan pastinya.
  5. 3 buah strawberry untuk hiasan di atas. Nggak ada juga nggak apa-apa. Mau diganti buah lain juga nggak masalah. Mami pilih buah ini cuma karena hanya ini yang kita punya.
Alat:
  1. Baskom untuk tempat mencampur roti, susu, madu, dan telur.
  2. Sendok untuk mengaduk adonannya. (Cieh adonan, gaya banget Mami ya, Ubii)
  3. Ricecooker beserta tatakan pengukusnya. Mami pakai ricecooker karena nggak punya dandang pengukus. Hehehe. Tatakan pengukus nya yang warna putih bolong-bolong itu loh, Ubii.
  4. Aluminium foil. Mami mengalasi pengukus dengan aluminium foil supaya adonannya nggak terjun bebas ke air yang ada di rice cooker.
 Cara:
  1. Suwir-suwir roti tawarnya. Besok Ubii bantu di bagian ini ya, pasti sipirili kok.
  2. Tuangkan susu UHT ke dalam baskom yang berisi suwiran roti tawar dan bejek-bejek roti tawarnya.
  3. Tambahkan 1 sdm madu dan telur lalu aduk sampai rata.
  4. Lapisi pengukus dengan aluminium foil.
  5. Tuangkan adonan ke atas aluminium foil dan ratakan dengan sendok.
  6. Iris strawberry nya dan letakkan di atas adonan sebagai hiasan.
  7. Kukus sampai mengembang dan teksturnya dirasa paling pas.
Step 1 and 2
Step 3
Step 4, 5, and 6
 Nah itu bahan, alat, dan cara membuat Strawberry Cake nya Ubii. Hasilnyaaa tadaaaa ini diaaa:



Selamat makan, anak Mami yang cantik :)))


Love,


Your mommy who loves you just too much

18 komentar:

  1. Eh... ternyata bikinnya mudah. Ubii pasti suka. Mo nyontek resepnya ah buat anak-anakku. Tengkyu sudah sharing, Mak. :*

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gampang banget kan :)) Aku bisanya ya yg gampang2 gini, hihihi. Makasih kunjungannya mak :D

      Hapus
  2. Gampang ya mak..mau ah kapan2 buat juga buat Raissa. Thanks ya mak Grace

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama Mama Raissa. Bagi resep nya juga dong, tapi yg gampang :D

      Hapus
  3. Balasan
    1. Monggooo. Ayo tukeran resep Mak :D

      Hapus
  4. wa.... gampang. nyontek ya maaak....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mak gampang bingit, kalau susah aku juga nggak bakalan bisa :D

      Hapus
  5. Gampang ya mak ges.
    Aku juga nggak punya oven dan nggak pinter bikin kue. Eh tapi dandang pengukus rice cookerku entah dimana, sdh lama nggak dipake, haduh harus dicari dulu. Bookmark dulu ah :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe, cocok ya Mak buat yg cupu-cupu masak kayak kitah :))

      Hapus
  6. Kadang ada yang bilang ini puding roti Mak
    Klo saya bilang sih tetep roti hehe
    Dicampur pisang raja tambah enak lo Mak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ugh pengen banget tambahin pisang kemarin itu sayangnya nggak punya :((

      Hapus
  7. resep murah meriah nih... ikutan coba ya... Mami Ubii.. :)

    BalasHapus
  8. Ihhh maminya ubi hebat nih... rasanya gmn ubi? Enak nda? Ayooo...kiss maminya :)

    BalasHapus
  9. enaaak enaaaaak....mauuu dong hehehe..nanti diabisin tante deh ya :)...kiss kiss buat Ubiii

    BalasHapus
  10. Wah, kalau yang kaya gini aku sukaaa :) hehe, secara diriku gak doyan masak..sukanya yang simple-simple gini.. trims maminya Ubii..

    BalasHapus
  11. kalau aku bilangnya puding roti mak :D

    rasanya asam - asam manis ya :D

    BalasHapus